IMPLEMENTASI PEMINATAN SISWA DALAM PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL FITYAH PEKANBARU

MUHAMMAD NUH, 11413102666 (2020) IMPLEMENTASI PEMINATAN SISWA DALAM PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
M. NUH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Nuh, (2019): Implementasi Peminatan Siswa dalam Program Bimbingan Konseling di SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi peminatan siswa dalam bimbingan konseling di SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. (2) Faktor yang mempengaruhi Implementasi peminatan siswa dalam bimbingan konseling di SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa. sedangkan obyek penelitiannya adalah Implementasi peminatan siswa dalam bimbingan konseling di SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru dan Faktor yang Mempengaruhi Implementasi peminatan siswa dalam bimbingan konseling di SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah guru bimbingan konseling yang berjumlah satu orang dan siswa berjumlah tiga orang. Untuk pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi peminatan siswa: (1). Adanya ikut campur orang tua dalam menentukan arah peminatan siswa di SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. (2). Adanya upaya ikut ikutan teman dalam menentukan penjurusan SMA Islam Terpadu Al Fityah Pekanbaru. (3). Guru bimbingan konseling sudah menjalankan langkah langkah pokok peminatan, yaitu: pengumpulan data, informasi arah peminatan, identifikasi arah penetapan peminatan, penyesuaian, monitoring dan tindak lanjut. Adapun faktor yang mempengaruhi Implementasi peminatan siswa yaitu: (1) tenaga guru bimbingan konseling yang berlatar belakang sarja S1 Psikologi, (2) sarana prasarana yang tersedia, (3) dana yang tersedia (4) kerjasama antar pihak yang terlibat dalam peminatan siswa, dan (5) sikap proaktif siswa. Kata Kunci: Implementasi, Peminatan Siswa, Bimbingan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:18
Last Modified: 16 Jan 2020 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25024

Actions (login required)

View Item View Item