Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENGGUNA SISTEM OPAC UMRI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

Sinthia Gusfah Mitari, - (2019) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENGGUNA SISTEM OPAC UMRI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali BAB hasil penelitian.pdf

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
file hasil penelitian (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sinthia Gusfah Mitari (2019) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENGGUNA SISTEM OPAC UMRI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Riau sudah menerapkan sistem layanan terbuka (Open Access) yaitu Online Public Access Catalogue (OPAC) untuk dapat mempermudah mahasiswa menemukan koleksi buku yang diinginkan. OPAC sudah diterapkan di Universitas Muhammadiyah Riau sejak tahun 2009 dengan versi Stable14. Dalam masa penerapannya terdapat beberapa masalah dan keluhan mahasiswa terhadap sistem, yaitu tidak adanya sosialisasi tentang fungsi dan penggunaan OPAC, informasi buku yang ditampilkan tidak lengkap, terjadinya ketidaksamaan data pada sistem pencari OPAC dengan bukti yang ada pada rak buku, penggunaan OPAC pada smartphone masih belum user friendly karena ada menu yang tidak bisa di akses. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna OPAC di Universitas Muhammadiyah Riau. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 6 variabel dimana 5 variabel bebas yaitu, isi (content), keakuratan (accuracy), kemudahan penggunaan (ease of use), tampilan (format), ketepatan waktu (timeliness) dari metode EUCS, dan variabel terikatnya yaitu kepuasan pengguna (user satisfaction). Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna OPAC sebesar 51,1% dapat dikategorikan puas. Variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel isi dan tampilan, sedangkan yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna adalah keakuratan, kemudahan penggunaan dan ketepatan waktu. Kata Kunci: EUCS, Kepuasan Pengguna, OPAC, Open Access

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:52
Last Modified: 16 Jan 2020 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25008

Actions (login required)

View Item View Item