Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU

SRI SETIA WATI, - (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Setia Wati, (2019):Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VI SDN 130 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa. Sebagian siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal komunikasi dan belum mampu memberikan penjelasan yang baik setelah memperoleh jawaban dari soal yang diberikan guru. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas VI SDN 130 Pekanbaru, dan sampel penelitian ini adalah sampel jenuh. Dari dua kelas yang ada, kelas VIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIb sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata skor kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,533 dan kelas kontrol sebesar 74,167. Dari analisis data, maka diperoleh nilai thitung = 3,665, ttabel = 1,672 pada taraf signifikasikan 5%. Maka thitung > ttabel atau 1,672 < 3,665, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi sifat- sifat bangun ruang di kelas VI SDN 130 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan Komunikasi Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:46
Last Modified: 16 Jan 2020 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25007

Actions (login required)

View Item View Item