EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS PUPUK SUMBER N TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max. (L). Merril )

Lupita Ratna Sari, - (2020) EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS PUPUK SUMBER N TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max. (L). Merril ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYAIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS PUPUK SUMBER N TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max. (L). Merril ) Lupita Ratna Sari (1482204328) Dibimbing oleh Tiara Septirosya dan Oksana INTISARI Kedelai (Glycine Max (L.) Merril) merupakan komoditas penting karena tingkat komsumsi masyarakat Indonesia cukup tinggi terhadap tanaman tersebut. Peningkatan produktivitas dan kualitas kedelai masih menjadi permasalahan yang perlu dikaji dalam budidaya tanaman kedelai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber N yang paling efektif terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2018 di Lahan Percobaan dan Laboratarium Agronomi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini mengunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dengan 10 ulangan (Urea, Zwavelzure Amoniak, Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Kandang Ayam). Parameter yang diamati yaitu Tinggi Tanaman, Umur Bunga, Jumlah Polong Pertanaman, Jumlah Biji Perpolong, Bobot 100 Biji, Bobot Biji Kering, Jumlah Bintil Akar, Berat Basah Tanaman dan Berat Kering tanaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian beberapa jenis pupuk sumber N pada kedelai memberikan pengaruh nyata pada parameter Tinggi Tanaman, Bobot 100 Biji, Bobot Biji Kering, dan Berat Kering Tanaman. Pupuk sumber N (Urea) dapat memberikan hasil respon lebih baik dan efektif terhadap tanaman kedelai. Kata Kunci: Kedelai, pupuk organik, pupuk anorganik, produktifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:15
Last Modified: 16 Jan 2020 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item View Item