PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MOBIL ANTARA PT. CAHAYA RIAU DENGAN PT. INDAH KIAT PULP & PAPER BERDASARKAN SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA NO. 231/PUD/GAD-CR/PSM/X/2014 (Study Kasus Pasal 1243 KUH Perdata)

JUMIATI FITRI, - (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MOBIL ANTARA PT. CAHAYA RIAU DENGAN PT. INDAH KIAT PULP & PAPER BERDASARKAN SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA NO. 231/PUD/GAD-CR/PSM/X/2014 (Study Kasus Pasal 1243 KUH Perdata). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYAIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MOBIL ANTARA PT. CAHAYA RIAU DENGAN PT. INDAH KIAT PULP & PAPER BERDASARKAN SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA NO. 231/PUD/GAD-CR/PSM/X/2014 (Study Kasus Pasal 1243 KUH Perdata) PT. Cahaya Riau merupakan perusahaan yang terdaftar sebagai rekanan dalam penyediaan jasa transportasi kendaraan yang dibutuhkan PT. Indah Kiat Pulp & Paper dalam mendukung kegiatan operasionalnya. Berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa PT. Indah Kiat Pulp & Paper sering terlambat melakukan pembayaran sewa kepada PT. Cahaya Riau dan terlambat dalam pengembalian kendaraan setelah masa kontrak habis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian sewa mobil antara PT. Indah Kiat Pulp & Paper terhadap PT. Cahaya Riau berdasarkan surat perjanjian sewa menyewa No. 231/PUD/GAD-CR/PSM/X/2014 dan bagaimana akibat hukum tidak dilaksanakannya perjanjian sewa mobil antara PT. Cahaya Riau dengan PT. Indah Kiat Pulp & Paper berdasarkan surat perjanjian sewa menyewa No. 231/PUD/GAD-CR/PSM/X/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis sosiologis. Populasi dari penelitian ini adalah Direktur PT. Cahaya Riau, 1 orang Legal Kontrak PT. Cahaya Riau dan 1 orang Legal Kontrak PT. Indah Kiat Pulp & Paper. Metode dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada pelaksanaan perjanjian sewa mobil antara PT. Cahaya Riau dengan PT. Indah Kiat Pulp & Paper No. 231/PAD/GAD-CR/PSM/X/2014. Pada pelaksanaan perjanjiannya PT. Cahaya Riau telah memenuhi prestasinya, sementara itu PT. Indah Kiat Pulp & Paper telat melakukan pembayaran uang sewa semenjak tahun kedua setelah kontrak berjalan, PT Indah Kiat Pulp & Paper sering membayarkan 2-3 bulan biaya sewa dan telat dalam pengembalian kendaraan terhitung 3 bulan setelah masa kontrak berakhir. Dalam hal ini PT. Indah Kiat Pulp & Paper belum memenuhi isi perjanjian yang terdapat dalam Pasal 6 surat perjanjian sewa menyewa. Akibat hukum dari perjanjian yang dibuat oleh PT. Cahaya Riau dengan PT. Indah Kiat Pulp & Paper adalah timbulnya hak dan kewajiban terhadap kedua belah pihak. Akibat hukum tidak dilaksanakannya perjanjian yaitu PT. Indah Kiat Pulp & Paper harus membayar denda atau ganti kerugian kepada PT. Cahaya Riau. Sampai batas akhir penulis melakukan penelitian, PT. Indah Kiat Pulp & Paper belum memenuhi pembayaran denda kerugian sesuai perjanjian yang disepkati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:01
Last Modified: 15 Jan 2020 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24971

Actions (login required)

View Item View Item