PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

DESI PUSPITA SUPRIYANTO, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DESI PUSPITA.pdf

Download (65MB)

Abstract

ABSTRAK Desi Puspita Supriyanto, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Atas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdapat pada siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung jika berdasarkan self regulated learning siswa, serta melihat ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian faktorial eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, angket berupa lembar angket self regulated learning, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial (anova dua arah). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci :Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulated Learning, Faktorial Eksperimental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:38
Last Modified: 15 Jan 2020 06:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24963

Actions (login required)

View Item View Item