PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA DIREKSI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) DENGAN SERIKAT PEKERJA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) TERHADAP PEMBERIAN UPAH BAGI PEKERJA DI KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHAN BATU

ZULFIKAR, 11427103716 (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA DIREKSI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) DENGAN SERIKAT PEKERJA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) TERHADAP PEMBERIAN UPAH BAGI PEKERJA DI KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHAN BATU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Adapun judul dalam penelitian ini yaitu, pelaksanaan perjanjian antara direksi PT. Perkebunan Nusantara III dengan serikat pekerja PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) terhadap pemberian upah bagi pekerja di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu, selanjutnya yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak terlaksanakannya isi perjanjian dimana PT.Perkebunan Nusantara III wajib membayarkan Upah kepada karyawan sesuai isi perjanjian kerja dimana pihak perusahaan wajib membayarkan upah kepada karyawan yang tidak masuk kerja dengan izin tetap medaptkan gaji, dan karyawan juga diberikan gaji pokok sekurang-kurangnya 80% dari upah minimum Provinsi namun yang terjadi di lapangan tidak sangat jauh dari pelaksanaanya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian antara direksi PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) dengan serikat perkerja PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) terhadap pembarian upah bagi pekerja di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dan juga untuk mengetahui Faktor hambatan apa sajakah yang dihadapi dalam pelaksanaan perjanjian antara direksi PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) dengan serikat perkerja PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) terhadap pembarian upah bagi pekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah, hukum Yuridis sosiologis yaitu penelitian hukum yang mengunkan data skunder sebagai data awalnya, yang kemudian dilanjutkan dengan data primer atau data lapangan dengan mengunakan metode purpossive sampling dimana yang dimaksud dengan purposive sampling yaitu salah satu yekhnik sampling non random sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dari penjelasan di atas maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwasanya, Sistem pembayaran upah pekerja PT. Perkebunan Nusantara III di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu menggunakan sistem bulanan akan tetapi ada keterlambatan dalam pembayaran upah, ini dikarenakan PT. Perkebunan Nusantara III menemui hambatan dalam pemberian upah seperti pergantian sekretaris keuangan dan juga penurunan harga jual beli sawit dan karet dapat mempengaruhi pemberian upah kepada pekerja sehingga pelaksanaan perjanjian antara direksi perusahaan perkebunan nusantara III dengan pekerja tidak terlaksanakan sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:47
Last Modified: 15 Jan 2020 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24944

Actions (login required)

View Item View Item