Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESEPTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Rahmi Salim, 11418203363 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESEPTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI RAHMI SALIM.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmi Salim, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Reseptif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia melalui penerapan model pembelajaran reseptif di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Pulau Permai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas V Sekolab Dasar Negeri 003 Pulau Permai. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran reseptif dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalab observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif daa persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, aktivitas belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia sebelum tiadakan aktivitas belajar siswa hanya 40,94% atau berada pada kategori kurang. setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 49,94% dengan katergori cukup, pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 73,69% dengan kategori baik, Berdasarkan basil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran resptif dapat meningkatkan aktivitas belaiar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Model Pembelajaran Reseptif dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:07
Last Modified: 15 Jan 2020 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24941

Actions (login required)

View Item View Item