Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP

ATHIK URROHMAH, 11515200167 (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universtias Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG ATIK.pdf

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Athik Urrohmah, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika berdasarkan self efficacy siswa, dan ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII C dan kelas VIII D dengan siswa masing-masing sebanyak 33 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan penalaran matematis, angket berupa lembar angket self efficacy, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji anova dua jalan). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis pada siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Penalaran Matematis, Self Eficacy, Fakctorial Experimental Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:01
Last Modified: 15 Jan 2020 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item