PELAKSANAAN MENGADZANKAN DAN MENGIQAMAHKAN JENAZAH SAAT BERADA DI LIANG LAHAT MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Dusun Sialang Salo Desa Salo Kec. Salo Kab. Kampar)

DARISMAN, - (2020) PELAKSANAAN MENGADZANKAN DAN MENGIQAMAHKAN JENAZAH SAAT BERADA DI LIANG LAHAT MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Dusun Sialang Salo Desa Salo Kec. Salo Kab. Kampar). Skripsi thesis, Universtias Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
SKRIPSI DARISMAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Darisman (2019): Pelaksanaan Mengadzankan dan Mengiqamahkan Jenazah Saat Berada Di Liang Lahat Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Dusun Sialang Salo Desa Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar) Kematian (ajal) adalah hal yang pasti pada setiap makhluk yang bernyawa, tidak ada yang mengatahuai kapan dan dimana ia akan menemui ajal’ dalam keadaan baik atau buruk, apabila ajal telah tiba maka tidak ada yang bisa memajukan ataupun mengudurkannya. Kewajiban seorang muslim terhadap muslim yang lainya meninggal yaitu:memandikan, mengkafani, mensholatkan, menguburkan. Di Dusun Sialang Salo Desa Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar setiap ada orang yang meninggal masyarakat tidak hanya melakukan kewajiban orang yang meninggal (memandikan, mengkafani, menyolatkan, menguburkan)akan tetapi juga melaksanakan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah saat berada liang lahat, hal inilah yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Pokok permasalahan penelitian ini apa dasar pelaksanaan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah di Dusun Sialang Salo dan bagaimana menurut hukum Islam terhadap pelaksanaan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah saat berada diliang lahat di Dusun Sialang Salo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apa dasar pelaksanaan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah saat berada diliang lahat di Dusun Sialang Salo dan untuk mengatahui menurut hukum Islam pelaksanaan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah saat berada diliang lahat di Dusun Sialang Salo. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Dusun Sialang Salo Desa Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, sumber data penelitian ini adalah data primer yang di dapat dari masyarakat di dusun sialang dan data skundernya adalah kitab-kitab Fikih seperti Fiqh Islam Wa Adillatuhu karya Wahbah Az- Zuhaili, dan buku-buku yang yang berkaitan dengan penelitian ini serta adanya data tersier yang merupakan data lengkap yang bersumber dari kamus dan lain-lainya. Populasi dalam penelitian ini adalah 1125 jiwa dan sampelnya diambil sebanyak 15 orang yang terdiri dari 3 orang dari tokoh masyarakat 12 orang dari masyarakat. Penetapan sampel di lakukan dengan cara Purpossive Sampling. Adapun metode dianalisis secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah dasar pelaksanaan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah saat berada diliang lahat ada dua, pertama: Masyarakat menyamakan anak yamg baru lahir di adzankan dan meninggal di adzan juga dan perempuan di iqamahkan, kedua: Masyarakat beralasan bahwa pelaksanaan ini sudah menjadi turun temurun (nenek moyang). Adapun menurut hukum Islam bahwa pelaksanaan mengadzankan dan mengiqamahkan jenazah saat bereda di liang lahat di Dusun Sialang Salo adalah tidak ada dasarnya dalam nash Al-Qur’an dan Hadist bahkan pendapat ulama tidak jelas menetapakan hukumnya dan ini hanya tradisi yang sudah berlangsung lama di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:50
Last Modified: 15 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24905

Actions (login required)

View Item View Item