ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK BUILDING INTEGRATED PHOTOVOLTAIC (BIPV)Studi Kasus : Rumah Sakit Universitas Riau)

Ahmad Rian Nur, - (2019) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK BUILDING INTEGRATED PHOTOVOLTAIC (BIPV)Studi Kasus : Rumah Sakit Universitas Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File lengkap kecuali BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
File BAB IV Hasil Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Rian Nur (2019) : ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK BUILDING INTEGRATED PHOTOVOLTAIC (BIPV) (Studi Kasus : Rumah Sakit Universitas Riau) Energi merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh semua negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi tak terkecuali Indonesia. Permasalahan energi yang dialami oleh Indonesia adalah ketergantungan Indonesia dalam pemakaian energi fosil yang mana tercatat sebanyak 96% dari kebutuhan masyarakat Indonesia, dimana 96% energi fosil didominasi oleh minyak bumi sebesar 48%, gas alam sebesar 18%, dan batu bara mencapai 30%. RS Universitas Riau merupakan salah satu rumah sakit umum di kota Pekanbaru yang dimiliki oleh Universitas Riau yang digunakan sebagai rumah sakit pendidikan dengan luas bangunan sebesar 4,688,93 m2. RS Universitas Riau terdiri dari 4 lantai Adapun total konsumsi energi listrik rata-rata setiap hari gedung RS Universitas Riau yaitu sebesar 682 kWh atau 21460 kWh setiap bulannya. Untuk mengatasi konsumsi listrik yang besar di RS Universitas Riau maka diperlukan suatu solusi agar dapat mengurangi biaya konsumsi listrik dari rumah sakit. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan perancangan pembangkit listrik dengan BIPV di RS Universitas Riau. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi pembangkit BIPV pada dinding bangunan RS Universitas Riau, menganalisis kelayakan aspek teknis pembangkit listrik BIPV pada gedung RS Universitas Riau dan menganalisis kelayakan aspek ekonomis pembangkit listrik BIPV pada gedung RS Universitas Riau. Adapun metode yang digunakan untuk pembangkit listrik yang akan dipasang pada RS Universitas Riau yaitu menggunakan metode BIPV.Pembangkit listrik BIPV pada RS Universitas Riau menghasilkan energi sebesar 70,02 MWh setiap tahunnya. Pada analisis ekonomis Pembangkit listrik BIPV di RS Universitas Riau memerlukan investasi awal sebesar Rp1.490.601.800,00 yang terdiri dari biaya operasi dan perawatan sebesar Rp14.906.018,00 dan biaya penggantian inverter pada sebesar Rp131.108.000,00. Pada analisis finansial didapatkan nilai Net Present Value negatif sebesar (Rp-411.132.941,09), Internal Rate of Return (1%) dan Payback Period 17,6 Tahun. Berdasarkan analisis ekonomi dan dan analisis finansial NPV, IRR dan PP pembangkit listrik BIPV pada RS Universitas Riau tidak layak dibangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:56
Last Modified: 15 Jan 2020 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item