Peranan Badan Amil Zakat dalam Pendistribusian Zakat Produktif di Kabupaten Kuantan Singingi (Studi pada BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi)

Alek Saputra, (2017) Peranan Badan Amil Zakat dalam Pendistribusian Zakat Produktif di Kabupaten Kuantan Singingi (Studi pada BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201798ES-S2Cover PDF.pdf

Download (284kB)
[img] Text
2. 201798ES-S2PENGESAHAN PDF.pdf

Download (357kB)
[img] Text
3. 201798ES-S2KATA PENGANTAR PDF.pdf

Download (400kB)
[img] Text
4. 201798ES-S2DAFTAR ISI PDF.pdf

Download (328kB)
[img] Text
5. 201798ES-S2ABSTRAK GABUNGAN PDF.pdf

Download (684kB)
[img] Text
6. 201798ES-S2BAB I PDF.pdf

Download (631kB)
[img] Text
7. 201798ES-S2BAB II PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. 201798ES-S2BAB III PDF.pdf

Download (451kB)
[img] Text
9. 201798ES-S2BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
10. 201798ES-S2BAB V PDF.pdf

Download (261kB)
[img] Text
11. 201798ES-S2Daftar Pustaka PDF.pdf

Download (464kB)

Abstract

Pengelolaan dan pendistribusian zakat merupakan masalah mendasar dalam perekonomian Islam. Pada awal pengumpulannya, zakat dihimpun dan disalurkan dengan tujuan untuk membantu mengatasi kebutuhan utama para mustahik. Dewasa ini, pengelolaan zakat yang inovatif melalui distribusi pembiayaan produktif kepada para mustahik, menjadi fenomena tersendiri dalam perekonomian Islam. Pendistribusian zakat selama ini pada umumnya terfokus pada para mustahik yang cenderung bersifat konsumtif, hanya sekedar memenuhi kebutuhan pokok pada saat tertentu. Dengan begitu, untuk selanjutnya mereka menjadi miskin kembali. Setiap tahun fakir-miskin bukan semakin berkurang, bahkan semakin bertambah dalam antrian panjang para penerima zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi dalam pengelolaan, pelaksanaan pendistribusian dan keberhasilan dari pendistribusian zakat secara produktif. Guna memperkuat hasil penelitian, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi kepada pihak mustahik dan pengelola dilakukan. Penelitian ini juga mencoba untuk menggali jumlah bantuan usaha (pembiayaan dari zakat) terhadap laju pendapatan per kapita usaha para mustahik. Dari hasil penelitan dapat diketahui bahwa Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Kuantan Singingi menerapkan pola qordul hasan dalam pelaksanakan pendistribusian untuk usaha produktif, namun Badan Amil Zakat Kabuapten Kuantan Singingi belum melaksanakan dan menerapkan prosedur pendistribusian zakat untuk usaha produktif secara baik dalam hal ini mengakibatkan efektivitas pengelolaan zakat pada Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kuantan Singingi kurang maksimal, untuk itu dibutuhkan peran aktif Badan Amil Zakat (BAZNAS) sebagai pengelola dana zakat untuk dapat melaksanakan serta menerapkan pola dan prosedur pendistribusian zakat untuk usaha produktif seefektif dan sebaik mungkin. Hasil penelitian juga menunjukkan sebagian besar mustahik yang menerima bantuan produktif mengalami peningkatan dalam usaha yang dilaksanakan, meskipun kurangnya pengawasan, bimbingan, monitoring dan evaluasi dari Badan Amil Zakat. Praktek pendistribusian zakat sampai saat ini belum tepat sasaran jika diukur dari tujuan zakat itu sendiri yang salah satunya adalah mengentaskan mustahiq dari kemiskinan. Sehingga zakat produktif pada BAZNAS Kuantan Singingi belum menjadi program andalan bila dilihat dari dana yang didistribusikan. Pendistribusian secara produktif hanya sebagian kecil jika dibandingkan dari pendistribusian zakat secara konsumtif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:15
Last Modified: 14 Jan 2020 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24886

Actions (login required)

View Item View Item