PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP INDRAGIRI HILIR

ARMIN SANOOR, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
SKRIPSI ARMIN SANOR.pdf

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Armin Sanoor, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan ada tidaknya terdapat interaksi antar faktor model pembelajaran dengan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tembilahan. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give, dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji anova dua arah (two way anova). Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antar faktor model pembelajaran dengan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Take and Give, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:03
Last Modified: 15 Jan 2020 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item View Item