ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA PEKANBARU TAHUN 2018

RAHMAT YAHYA, - (2020) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA PEKANBARU TAHUN 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA PEKANBARU TAHUN 2018 Oleh : RAHMAT YAHYA NIM. 11573103105 Penelitian ini dilakukan pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pelaporan keuangan Badan Amil Zakat Kota Pekanbaru sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yaitu PSAK 109 tentang Akuntansi Zakat dan Infaq/Sedekah. Metode dan teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian adalah dengan metode deskriftif dan wawancara langsung dengan petugas amil yang terkait dengan pengelolaan zakat. Sedangkan sumber data berasal dari peraturan yang berlaku, media dan data yang sudah diolah dan disajikan Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru terdapat beberapa permasalahan antara lain : terjadi selisih angka laporan keuangan pada Catatan Atas Laporan Keuangan, tidak menjelaskan penggunaan laporan keuangan pada Catatan Atas Laporan Keuangan, laporan keuangan yang belum disajikan secara lengkap sesuai dengan PSAK 109. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan adalah bahwa Badan Amil Zakat Kota Pekanbaru dalam menyajikan laporan keuangan telah sesuai dengan PSAK 109, namun belum membuat laporan keuangan dengan lengkap. Dengan penelitian ini, diharapkan Badan Amil Zakat Kota Pekanbaru dapat menyusun laporan keuangan dengan teliti dan lengkap sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Kata Kunci : Akuntansi, Zakat, Laporan Keuangan, PSAK 109.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:17
Last Modified: 14 Jan 2020 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24846

Actions (login required)

View Item View Item