Dampak Media Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Keutuhan Rumah Tangga (Study Kasus di Pengadilan Agama Bangkinang )

Muhammad Syukri, (2017) Dampak Media Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Keutuhan Rumah Tangga (Study Kasus di Pengadilan Agama Bangkinang ). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201787HK-S2COVER.pdf

Download (266kB)
[img] Text
2. 201787HK-S2PENGESAHAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3. 201787HK-S2ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
4. 201787HK-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (268kB)
[img] Text
5. 201787HK-S2DAFTAR INI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
6. 201787HK-S2BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. 201787HK-S2BAB II.pdf

Download (471kB)
[img] Text
8. 201787HK-S2BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. 201787HK-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
10. 201787HK-S2BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
11. 201787HK-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Dampak Media Sosial Terhadap Keutuhan Rumah Tangga (Study Kasus di Pengadilan Agama Bangkinang )”, dengan maksud untuk mengetahui faktor- faktor penyebab perceraian di Pengadilan Agama Bangkinang serta mengetahui bagaimana dampak Media Sosial terhadap keutuhan rumah tangga dalam putusan kasus di Pengadilan Agama Bangkinang. Latar belakang masalah penelitian Tesis ini adalah berawal dari analisis dan observasi yang penulis lakukan di Pengadilan Agama bangkinang, terhadap peristiwa perceraian yang terjadi di wilayah hukum Pengadilan Agama Bangkinang. Melihat media sosial yang pada saat ini telah merambah ke dalam seluruh lapisan usia, anak- anka, muda, tua, bahkan bagi orang yang sudah berumah tangga. Media Sosial pada saat ini seoalh menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Penulis tertarik untuk meneliti persoalan ini, bagaimana andil atau dampak media sosial terhadap pasangan sudah berumah tangga Dalam penulisan Tesis ini penulis menggunakan Jenis penelitian Lapangan (Field Research )karena dalam pengolahan data lebih banyak menggunakan data yang ditemukan di lapangan. Disamping itu juga tidak terlepas dari penelitian Library Research Karena juga menggunakan sember kepustakaan demi menunjang penelitian ini. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif, karena Metode kualitatif sering digunakan untuk menghasilkan grounded theory, yaitu teori yang timbul dari data bukan dari hipotesis. Penelitian ini penulis lakukan terhadap putusan putusan perceraian yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Bangkinang yang sudah mempunyai ketetapan hukum tetap, dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat dua jenis sumber data antara lain sumber data primer dan sumber data sekunder. Data Primer dalam penelitian ini adalah Data yang dikumpulkan berdasarkan data yang penulis temukan selama di lapangan. Sedangkan yang menjadi sumber sekunder dalam penelitian ini adalah Buku Buku yang berhubungan dengan penelitian ini antara lain: pendapat- pendapat ahli, artikelartikel, tulisan-tulisan ilmiah, Undang- Undang, dan referensi lainnya yang relevan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, Kesimpulan yang penulis dapatkan adalah, Faktor- faktor penyebab terjadinya perceraian di wilayah hukum pengadilan agama bangkinang antara lain : krisis akhlak, cemburu, ekonomi, tidak ada tanggungjawab, kekejaman jasmani, gangguan pihak ketiga dan tidak ada keharmonisan. Selanjutnya Berdasarkan data putusan Pengadilan Agama bangkinang, dampak media sosial terhadap keutuhan rumah tangga berada pada posisi yang menghawatirkan, media sosial mempunyai andil yang cukup besar dalam merusak keutuhan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:50
Last Modified: 14 Jan 2020 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

View Item View Item