Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 029 KUSAU MAKMUR KECAMATAN TAPUNG HULU

Indah Firrani, - (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 029 KUSAU MAKMUR KECAMATAN TAPUNG HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (34MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema I organ gerak hewan dan manusia melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas V SD Negeri Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 52% atau berada pada kategori “kurang”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 63,8% atau berada pada kategori “cukup”. Pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa semakin meningkat dengan ketuntasan klasikal 75,5% atau berada pada kategori “baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema I organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD Negeri Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:33
Last Modified: 14 Jan 2020 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24811

Actions (login required)

View Item View Item