Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH PEKANBARU

Yulia Fitrah Simbolon, - (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (27MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan penerapan strategi pembelajaran think-talk-write pada mata pelajaran matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep belajar siswa, diantaraya adalah (1) Siswa belum mampu menyatakan ulang konsep. (2) Siswa belum mampu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut. (3) Siswa belum mampu menerapkan konsep secara logaritma. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 11 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran think-talk-write dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa secara klasikal 27,27% atau hanya 5 orang siswa yang mencapai kategori minimal baik dengan nilai rata-rata 61,82. Setelah menerapkan strategi pembelajaran think-talk-write pada siklus I pemahaman konsep siswa mencapai 63,64% atau 7 orang siswa mencapai kategori minimal baik dan 3 orang siswa mencapai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 74,55. Pada siklus II pemahaman konsep siswa mencapai 81,82% atau 2 orang siswa mencapai kategori minimal baik dan 9 orang siswa mencapai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran think-talk-write dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Kata Kunci : Think-Talk-Write, Pemahaman Konsep siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:29
Last Modified: 14 Jan 2020 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24810

Actions (login required)

View Item View Item