Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU

Elin Winarti, - (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (23MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara peserta didik melalui penerapan metode talking stick di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik, hal ini terlihat dari beberapa hal diantaranya adalah peserta didik terlihat kaku saat diminta berbicara di depan kelas, berbicara dengan tidak santai dan terbata-bata, lebih banyak menundukkan kepala pada saat berbicara yang mengakibatkan pembicaraan menjadi tidak jelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 11 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran talking stick dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan berbicara peserta didik pada pelajaran tematik sebelum tindakan hanya mencapai 53,2% atau berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan keterampilan berbicara pada siklus I meningkat menjadi 60,4% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan berbicara peserta didik kembali meningkat menjadi 83,4% dengan kategori sangat baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Talking Stick, dan Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:17
Last Modified: 14 Jan 2020 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item