Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA MTS NEGERI 3 KAMPAR

WINDA LESTARI, 11515200162 (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA MTS NEGERI 3 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (53MB)

Abstract

ABSTRAK Winda Lestari, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self-Efficacy Siswa MTs Negeri 3 Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, ada tidaknya pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta ada tidaknya interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kampar. Dengan teknik cluster sampling, terpilihlah kelas VII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan instrumen angket selfefficacy dan teknik tes dengan instrumen soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 2) terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self- Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:08
Last Modified: 13 Jan 2020 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24807

Actions (login required)

View Item View Item