Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

DINA MAULINA, - (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (21MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

ABSTRAK Dina Maulina, (2019): Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 orang siswa. Penarikan sampelnya menggunakan metode purposive sampling yaitu 10 orang siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri. Teknik pengumpulan data nya dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji jenjang bertanda atau uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa sebelum di berikan perlakuan (pre-test) dikategorikan sedang dengan total skor rata-rata 46.1 kemudian sesudah di berikan perlakuan (post-test) menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mengalami peningkatan yaitu sebesar 15.7 sehingga total skor rata-rata 61.8 dengan kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh angka probabilitas 0,005 ≤ 0,05, yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Kata Kunci : Teknik Sosiodrama, Layanan Bimbingan Kelompok, Penyesuaian diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:36
Last Modified: 13 Jan 2020 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item