INTEGRASI ILMU SAINS DAN TAUHID DALAM PEMBELAJARAN DI SMPIT BANGKINANG KOTA

Sukron Hadi, (2017) INTEGRASI ILMU SAINS DAN TAUHID DALAM PEMBELAJARAN DI SMPIT BANGKINANG KOTA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201777PAI-S2COVER.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2. 201777PAI-S2PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. 201777PAI-S2ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (54kB)
[img] Text
4. 201777PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. 201777PAI-S2DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
6. 201777PAI-S2BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7. 201777PAI-S2BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
8. 201777PAI-S2BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. 201777PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
10. 201777PAI-S2BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
11. 201777PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di sekolah menengah pertama Islam di Kota Bangkinang dalam kaitan integrasi ilmu sain dan tauhid dalam pembelajaran di SMPIT Bangkinang Kota belum terwujud sinergitas antara sains dan tauhid dalam perspektif integritas ilmu pengetahuan. Fenomena ini terlihat dari: Pertama bahwa siswa kurangnya pemahaman terhadap Agama Islam, kedua masih kurangnya siswa dalam beribadah seperti melaksanakan ibadah sholat. Ketiga, Kurangnya akhlak siswa dalam beribadah sholat serta berinteraksi dengan masyarakat. Keempat, Masih adanya siswa yang tidak mencintai lingkungan seperti merusak tanaman dan bunga serta buang sampah sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang integrasi Nilai-nilai tauhid dalam proses pembelajaran mata pelajaran sains. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi,perbaikan dan pengembangan Integritas Ilmu Sains dan Tauhid pada mata pelajaran IPA dan implementasinya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif yaitu yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu Integritas Ilmu Sains dan Tauhid Dalam Pembelajaran di SMPIT Bangkinang Kota. Pengambilan data dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, proses pembelajaran pada mata pelajaran sains terintegrasi dengan ayat-ayat al qur’an dan sunnah.Kedua Nilai-nilai tauhid yang ada pada materi pelajaran Sains meliputi tauhid uluhiyah,tauhid rububiyah dan tauhid asma’ wa sifat. Ketiga, bentuk integrasi nilai-nilai tauhid pada pembelajaran mata pelajaran sains adalah bentuk Integrasi Keilmuwan Berbasis Tasawuf. Pembentukan ruhiyah islamiyah yang dilakukan pada kegiatan belajar ialah dengan menyampaikan ulumuddin ( Ilmu Pengetahuan Agama ) kepada para siswa. Dengan demikian diharapkan peserta didik memiliki landasan keimanan yang kuat yang dihasilkan atau terlahir dari proses pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan integrasi pada pembelejaran IPA adalah karena kurikulum yang berdasarkan alqur’an dan sunnah, Penguasaan materi IPA dengan Agama yang sangat baik serta latar belakang pendidikan guru yang berbasis Agama

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 13 Jan 2020 05:05
Last Modified: 13 Jan 2020 05:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24771

Actions (login required)

View Item View Item