Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

NURUL HIDAYATI W, - (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (16MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidayati W, (2019): Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran perilaku agresif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, mendeskripsikan gambaran perilaku agresif siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif mengurangi perilaku agresif siswa MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Pre- Experimental, dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa MAN 1 Pekanbaru yang berperilaku agresif tahun pelajaran 2019/2020 dengan populasi sebanyak 73 siswa dan diambil sampel sebanyak 10 siswa yang merupakan penelitian menggunakan random sampling dengan mengambil secara acak dari populasi sebagai subjek penelitian. Uji validitas menggunakan SPSS 21.0 for windows. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku agresif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada dikategori tinggi dengan rata-rata 101 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengalami penurunan tinggi dikategori sedang dengan rata-rata 78,5 maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif mengurangi perilaku agresif siswa yang dilihat dari analisis data bahwa thitung>ttabel 11,180>2,00 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:22
Last Modified: 13 Jan 2020 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24765

Actions (login required)

View Item View Item