Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Metode IMPROVE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa SMP/MTs

Nurul Syafitri, 11515202143 (2020) Pengaruh Penerapan Metode IMPROVE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL SYAFITRI.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Syafitri, (2019): Pengaruh Penerapan Metode IMPROVE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode IMPROVE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode IMPROVE dan kelas VII.9 sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode IMPROVE dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode IMPROVE dan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Metode IMPROVE, Pengetahuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:31
Last Modified: 13 Jan 2020 04:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item View Item