Eka Rukmana, 11411202984 (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode Drill terhadap kefasihan siswa dalam membaca Al Qur’an pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan metode drill terhadap kefasihan siswa membaca Al Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah matcing pre test – post test control group desain. Desain ini membandingkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru yang berjumlah 349 siswa, disebabkan siswanya banyak maka peneliti membatasinya hanya menggunakan kelas XI Agama (1 dan 2), yang telah dijelaskan sebelumnya di batasan masalah, yang mana kelas XI Agama 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Agama 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan dan tes setelah metode Drill dilaksanakan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak 5 kali, yaitu 1 kali pertemuan Pre-test, 3 kali pertemuan menerapkan metode drill dan terakhir pos-test. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menggunakan rumus tes “t”. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penerapan metode drill terhadap kefasihan siswa membaca Al Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Dengan perolehan thitung (to) = 4,35 lebih besar dari ttabel (tt) pada taraf signifikan 5% = 2,00 maupun taraf signifikan 1% = 2,65 atau 2,00 <4,35 > 2,65. Kata kunci: Penerapan Metode Drill, Kefasihan Siswa Membaca Al Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 04:15 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 04:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24752 |
Actions (login required)
View Item |