Persepsi Masyarakat Terhadap Zakat Hasil Kebun Cabe Di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Dalam Perspektif Hukum Islam

Muhammad Jeffri, - (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Zakat Hasil Kebun Cabe Di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Jeffri (2019): Persepsi Masyarakat Terhadap Zakat Hasil Kebun Cabe Di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Dalam Perspektif Hukum Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapatan petani cabe yang begitu besar dan dapat dikenakan zakat, sebagian masayarakat Desa Laboy Jaya tidak mengetahui tentang zakat hasil kebun cabe sehingga mereka tidak mengeluarkan zakatnya dan ada juga yang mengeluarkan akan tetapi besarannya sesuka hati mereka saja dan ada juga yang tidak mengeluarkan sama sekali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat tentang zakat hasil kebun cabe di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar, dan tinjauan hukum Islam terhadap persepsi masyarakat zakat hasil kebun cabe di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap zakat hasil kebun cabe dan untuk mngetahui tinjauan hukum Islam menurut persepsi masyarakat terhadap zakat hasil kebun cabe di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten kampar. Penilitian ini adalah penilitian lapangan (fild research) yang berlokasi di Desa Laboy Jaya Kecematan Bangkinang Kabupaten Kampar. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 5 orang petani cabe (total sampling). Sebagai data primer yang di himpun dari msyarakat. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam persepsi masyarakat tentang zakat hasil kebun cabe di Desa Laboy Jaya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang zakat hasil kebun karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang zakat hasil kebun cabe, sehingga mereka tidak mengeluarkan zakat dari hasil kebun cabe tersebut. Ditinjau dari hukum Islam jika kita qiyaskan hasil dari kebun cabe ini ada zakatnya yaitu zakat perdagangan karena ada ayat yang menjelaskan secara umum tentang zakat perdagangan yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 267, karena zakat hasil kebun cabe ini termasuk keumuman lafadz amm (umum) surat Al-Baqarah ayat 267 dan hadist nabi pada bab sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:15
Last Modified: 13 Jan 2020 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24749

Actions (login required)

View Item View Item