Dampak Gadget Terhadap Tingkah Laku Anak Kepada Orang Tua Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Desa Sipungguk Kec.Salo, Kab.Kampar)

Patturrahman, - (2020) Dampak Gadget Terhadap Tingkah Laku Anak Kepada Orang Tua Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Desa Sipungguk Kec.Salo, Kab.Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Patturrahman (2019): “Dampak Gadget Terhadap Tingkah Laku Anak Kepada Orang Tua Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Desa Sipungguk Kec.Salo, Kab.Kampar)”. Anak merupakan taggung jawab orang tua hingga anak tersbut dewasa. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi, menjadi tantangan serius bagi dunia pendidikan yaitu fungsi membimbing, mengarahkan untuk membentuk perilaku bermoral dari anak-anak terhadap perkembangan perilaku yang dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Pemberian gadget kepada anak-anak di usia sekolah dapat mengakibatkan dampak sosial yang besar terhadap tingkah lakunya kepada orang tua maupun orang lain, berdasarkan dari kondisi sosial yang penulis teliti, hal ini yang menjadi latar belakang dalam penulisan skripsi ini. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat tiga pokok permasalahan, yakni bagaimana perubahan tingkah laku anak kepada orang tua setelah pemberian gadget di Desa Sipungguk Kec. Salo Kab. Kampar, apakah dampak positif dan negatif gadget terhadap tingkah laku anak kepada orang tua di Desa Sipungguk Kec. Salo Kab. Kampar, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tingkah laku anak kepada orang tua di Desa Sipungguk Kec. Salo Kab. Kampar. Penelitian ini bersifat Field Resach (Penelitian Lapangan) yang berlokasi di desa Sipungguk Kec. Salo Kab.Kampar. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah anak dan orang tua di Desa Sipungguk Kec. Salo. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah dampak gadget terhadap tingkah laku anak kepada orang tua di tinjau menurut hukum islam di Desa Sipungguk Kec. Salo Kab. Kampar. Populasi adalah keseluruhan objek penelitian, berupa manusia, gejala, benda, pola sikap, tingkah laku, dan sebagainya yang menjadi objek penelitian. populasi dalam penelitian ini terdiri dari 782 kepala keluarga dan karena populasi terlalu banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 40 kepala keluarga untuk dijadikan sampel dari keseluruhan populasi dan untuk lebih memperkuat hasil penelitian ditambah 1 tokoh masyarakat, penelitian ini di lakukan dengan metode (Random Sampling). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi (gadget) pada saat ini di Desa Sipungguk Kec. Salo, Kab.Kampar lebih banyak menimbulkan hal-hal yang negatif dari pada hal yang positif salah satunya ialah dapat melalaikan anak-anak dari beribadah (sholat atau mengaji) dan hal lainnya yang lebih buruk dari pada itu ialah dapat menyebabkan anak-anak durhaka terhadap orang tuanya. Jadi, alangkah lebih baiknya anak-anak tidak diberikan gadget terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar dewasa dan juga sudah dapat memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:57
Last Modified: 13 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24747

Actions (login required)

View Item View Item