Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU

Yola Junia Fransiska, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment dan desain the nonequivalent pretest-posttest control group desaign. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI, sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X, XI, XII berjumlah 378 orang sedangkan sampelnya kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 130 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah test "\"t\"" . Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi (84,6774) dibandingkan kelas kontrol (71,9697). Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan bahwa data akhir di peroleh nilai t_hitung>t_tabel baik taraf signifikan 5% (1,670) maupun 1% (2,388) atau 1,670 < 4,964 > 2,388 sehingga H_a diterima dan H_o ditolak yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Kontribusi pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving sebesar 29,11% terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran ekonomi. Sedangkan 70,89% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam kajian penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jan 2020 03:55
Last Modified: 11 Jan 2020 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24728

Actions (login required)

View Item View Item