KONSEP PENCIPTAAN NABI ADAM AS. MENURUT AL-QUR'AN

ALVYSONI MADYAN, - (2019) KONSEP PENCIPTAAN NABI ADAM AS. MENURUT AL-QUR'AN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SEMUA KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep penciptaan Nabi Adam As. yang sampai saat ini masih debatable di kalangan para ilmuan. Perbincangan yang kerap kali muncul adalah mengenai asal-muasal penciptaannya hingga pada esensi keberadaannya di muka bumi. Tujuan dilakukannya penelitian ini tidak dimaksudkan sebagai counter terhadap teori-teori yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep penciptaan Nabi A>dam As. secara komprehensif, mulai dari pra-penciptaan hingga pada hikmah penciptaanya. Kajian terhadap konsep penciptaan Nabi A>dam As. ini didasarkan pada penafsiran yang dilakukan oleh Al-Tabari dan Ibnu Katsi>r. Adapun metode yang digunakan adalah metode tafsir tematik dengan pendekatan teori tafsi>r bi al-ma’tsu>r. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa menurut Al-T{abari dan Ibnu Katsi>r, penciptaan Nabi Adam As. disambut oleh status kemuliaannya di antara seluruh makhluk. Kemuliaan tersebut bahkan melebihi kemuliaan para malaikat. Seiring dengan kemuliaan tersebut, dilimpahkan pula tugas yang besar, yakni sebagai sosok pemakmur di muka bumi. Terdapat \ banyak pelajaran dan hikmah yang dapat diperoleh dalam setiap rangkaian kisah yang dimuat dalam ayat-ayat terkait. Pelajaran dan hikmah mengingatkan kita akan esensi keberadaan manusia secara umum. Dari apa manusia diciptakan, dengan apa dia diciptakan dan untuk apa dia diciptakan. Selain itu, konsepsi penciptaan Nabi Adam As. mengingatkan kita untuk bersyukur dan berhati-hati dalam menjalani kehidupan di atas bumi ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Jan 2020 04:24
Last Modified: 11 Jan 2020 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24726

Actions (login required)

View Item View Item