Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SPENGARUH PENERAPAN METODE PQ4R BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MADRASAH ALIYAH ANWARUL ULUM KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

RAUDATUL HASANAH, 1151623177 (2020) SPENGARUH PENERAPAN METODE PQ4R BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MADRASAH ALIYAH ANWARUL ULUM KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan metode Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) berbantuan media komik terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi Madrasah Aliyah Anwarul Ulum Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah guru dan siswa X, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh penerapan metode Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) berbantuan media komik terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa IPS berjumlah 132 orang, dengan sampel 38 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa bahwa t hitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (1,688) maupun 1% (2,434) atau 1,688 < 5,750 > 2,434 yang berarti maka H_a diterima dan H_O ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan motode pembelajaran Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) berbantuan media komik terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun besarnya kontribusi pengaruh adalah 47,87% sedangkan sisanya sebesar 52,13% (100%-47,87%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengaruh, Metode PQ4R, Media Komik, Pemahaman Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jan 2020 03:06
Last Modified: 11 Jan 2020 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24719

Actions (login required)

View Item View Item