Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 005 TALANG DANTO KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

JULIA RAHMADANI, - (2019) PENERAPAN STRATEGI LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 005 TALANG DANTO KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan listening team kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Talang Danto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang menyimak pelajaran yang disampaikan guru dan hanya beberapa orang siswa yang aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 24 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 005 Talang Danto. Objek dalam penelitian ini adalah listening team dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahawa penerapan listening team dapat meningktakan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh presentase aktivitas belajar siswa 57,11% atau berada pada pada kategori kurang tinggi. Kemudian setelah penerapan listening team pada siklus I pertemuan pertama hanya mencapai 60,52% atau berada pada kategori cukup tinggi, pada pertemuan kedua mencapai 67,11% atau berada pada kategori cukup tinggi. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas belajar siswa menjadi meningkat yaitu 73,26% atau berada pada kategori cukup tinggi pada pertemuan kedua mencapai 82,81% atau berada pada kategori tinggi. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan listening team dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaranm ilmu pengetahuan alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Talang Danto. Kata Kunci : Listening Team, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:40
Last Modified: 10 Jan 2020 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item