PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR RIAU TAHUN 2018 (Studi Kasus Kecamatan Kuok, Kecamatan Salo dan Kecamatan Bangkinang)

MUHAMMAD FADHLUL ABRAR, - (2020) PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR RIAU TAHUN 2018 (Studi Kasus Kecamatan Kuok, Kecamatan Salo dan Kecamatan Bangkinang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYAIRF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BABA V.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR RIAU TAHUN 2018 (Studi Kasus Kecamatan Kuok, Kecamatan Salo dan Kecamatan Bangkinang) OLEH: MUHAMMAD FADHLUL ABRAR NIM. 11475104989 Penelitian ini dilaksanakan di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini menetapkan indikator berupa Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 10 Tahun 2018 dengan indikatornya yakni, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat. Penelitian ini memfokuskan pada peranan KPUD Kabupaten Kampar dalam meningkatkan Partisipasi Masyarakat melaui Pendidikan Pemilih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan utama mendeskripsikan dan melukiskan secara terperinci dan mendalam mengenai peranan KPUD Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan ialah purposive sampling, Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu teknik yang mencoba mendeskripsikan hal-hal yang khusus dengan data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga menjadi data kualitatif, kemudian data dianalisa lebih lanjut sampai menjadi sebuah kesimpulan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan oleh penulis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa KPUD Kabupaten Kampar sudah cukup berperan dalam Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, dikarenakan tidak semua tugas dilakukan dengan maksimal dan meneluruh kepada masyarakat baik Sosialisasi Pemilihan maupun Pendidikan Demokrasi Pemilih itu sendiri. Adapun kendala yang dihadapi dalam Pendidikan Demokrasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat ini adalah sikap apatis dan rendahnya minat masyarakat tehadap pemilihan itu sendiri yang disebabkan oleh rasa ketidakpercayaan baik kepada kandidat pemilihan maupun kepada KPUD itu Sendiri. Kata Kunci: Peranan, Penyelenggaraan Pemerintah, Partisipasi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Jan 2020 06:59
Last Modified: 10 Jan 2020 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24687

Actions (login required)

View Item View Item