PENERAPAN STRATEGI RESUME KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI UJUNG TANJUNG FILIAL BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Zahroh, (2016) PENERAPAN STRATEGI RESUME KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI UJUNG TANJUNG FILIAL BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru hendaklah menerapkan strategi pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir telah menerapkan strategi resume kelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi resume kelompok dan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi penerapan strategi resume kelompok dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Subjek penelitian adalah guru Fiqih sedangkan objek dari penelitian ini adalah penerapan strategi resume kelompok pada mata pelajaran Fiqih. Populasi penelitian berjumlah 1 orang guru Fiqih dan dalam penelitian ini penulis tidak menggunakan sampel. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik observasi untuk mengumpulkan data tentang penerapan strategi resume kelompok. Selain itu penulis menggunakan teknik wawancara untuk mengumpulkan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi resume kelompok pada mata pelajaran Fiqih. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis. Oleh karena penelitian ini bersifat deskriptif, maka penulis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase, dengan rumus : P = 100 % Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan strategi resume kelompok pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dikategorikan Cukup Baik. Secara kuantitatif diperoleh angka persentase akhir sebesar 68 %. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi resume kelompok dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir adalah factor latar belakang pendidikan guru yang berasal dari keguruan, faktor siswa yang mendukung, faktor tujuan pembelajaran, faktor lingkungan yang kondusif dan faktor sarana atau fasilitas yang lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Feb 2016 04:33
Last Modified: 11 Feb 2016 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item