PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.) PADA DOSIS PUPUK KOMPOS ECENG GONDOK YANG BERBEDA

Selvira Meirani, 11482202581 (2020) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.) PADA DOSIS PUPUK KOMPOS ECENG GONDOK YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYAIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
gabungan kecuali bab iv.pdf

Download (2MB)

Abstract

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.) PADA DOSIS PUPUK KOMPOS ECENG GONDOK YANG BERBEDA Selvira Meirani (11482202581) Dibimbing oleh Tiara Septirosya dan Penti Suryani INTISARI Tanaman kedelai (Glycine max L.)merupakan komoditas tanaman pangan terpenting ketiga setelah padi dan jagung. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi tanaman yaitu dengan pemupukan dengan menggunakan pupuk kompos eceng gondok. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dosis pupuk kompos eceng gondok yang terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November 2018 - Februari 2019 di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok 1 faktor dan 10 ulangan terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu (0 g, 120 g, 240 g, 360 g). Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian pupuk kompos eceng gondok pada dosis 240 g dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman kedelai yaitu tinggi tanaman, umur berbunga dan berat basah tanaman, namun dosis ini tidak memberikan pengaruh terhadap hasil tanaman kedelai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi petani bahwa pemberian kompos dapat mengurangi pemakaian pupuk anorganik. Kata Kunci : Organik, produksi, tanaman pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Jan 2020 02:59
Last Modified: 11 Jan 2020 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24654

Actions (login required)

View Item View Item