KORELASI HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN KETERAMPILAN MELAKSANAKAN WUDHU MENURUT MADZHAB SYAFI’I PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH KOTA DUMAI

Wiwid Hadi Sumitro, (2016) KORELASI HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN KETERAMPILAN MELAKSANAKAN WUDHU MENURUT MADZHAB SYAFI’I PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang baik. Dalam proses pendidikan dapat mengintegrasikan kemampuan kognitif, keterampilan(psikomotorik) dan afektif. Dalam pendidikan secara teoritik siswa yang memiliki hasil belajar kognitif baik seyogyanya siswa dapat melaksanakan wudhu dengan baik pula. Namun, berdasarkan studi pendahuluan masih ada siswa yang melakukan kesalahan ketika berwudhu. Berdasarkan hal tersebut penelitimerumuskan masalah penelitiannya adalah “Apakah ada Korelasi yang signifikan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Keterampilan Melaksanakan Wudhu menurut Madzhab Syafi’i pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Kota Dumai?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Korelasi Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Keterampilan Melaksanakan Wudhu menurut Madzhab Syafi’i pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Kota Dumai. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII A dan VII B Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Kota Dumai yang berjumlah 54 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Korelasi Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Keterampilan Melaksanakan Wudhu menurut Madzhab Syafi’i pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Kota Dumai.Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes (tes kognitif dan tes keterampilan ) dan dokumentasi, dan untuk teknik analisis data menggunakananalisa korelasi product momentdengan program SPSS versi 20. Berdasarkan analisis data tersebut, maka kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat Korelasi yang signifikan antara Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Keterampilan Melaksanakan Wudhu menurut Madzhab Syafi’i pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Kota Dumai dengan diperolehnya. Hal ini ditandai dengan nilai r sebesar 0,992 dengan nilai probabilitas 0,000. Oleh karena p<0,05 (0,000<0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Hasil belajar Kognitif, Keterampilan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Feb 2016 04:26
Last Modified: 11 Feb 2016 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item