Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMPN 7 TAMBANG

BOBBY NUGRAHA, 11515100048 (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMPN 7 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan Self Regulated Learning Tinggi, Sedang, Rendah,dan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan Self Regulated Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 7 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket, tes kemampuan komunikasi matematis, dan observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung., 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self regulated learning tinggi, sedang, rendah, 3) Tidak terdapat interaksi pendekatan Contextual Teaching and Learning dan self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self regulated learning siswa Sekolah Menengah Pertama di SMPN 7 Tambang. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jan 2020 02:26
Last Modified: 11 Jan 2020 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item View Item