PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Veri Novrika, (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar terhadap hasil belajar kimia siswa yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran kimia di sekolah masih terbiasa belajar teacher centered, konsep yang dimiliki siswa lebih bersifat hafalan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran ceramah. Pengaruh penerapan model guided discovery learnig dengan kartu pintar dapat dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, yaitu pada kelas eksperimen didapat sebesar 26,25 dan kelas kontrol sebesar 29,81. Kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai thitung= 0,11 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh penerapan terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar pada pokok bahasan hukum dasar kimia kelas X MIA Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kartu Pintar, Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Feb 2016 04:11
Last Modified: 11 Feb 2016 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item