Realisasi Dana Amal Sosial (Amsos) Majelis Ta’lim Pt. Bormindo Nusantara Dalam Pemberdayaan Anak Yatim Di Kelurahan Batang Obo Kecamatan Bathin Salopan Kabupaten Bengkalis Duri

Hary Kurnia, - (2020) Realisasi Dana Amal Sosial (Amsos) Majelis Ta’lim Pt. Bormindo Nusantara Dalam Pemberdayaan Anak Yatim Di Kelurahan Batang Obo Kecamatan Bathin Salopan Kabupaten Bengkalis Duri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hary Kurnia Nim : 11441106108 Judul : Realisasi Dana Amal Sosial (Amsos) Majelis Ta’lim Pt. Bormindo Nusantara Dalam Pemberdayaan Anak Yatim Di Kelurahan Batang Obo Kecamatan Bathin Salopan Kabupaten Bengkalis Duri Penelitian ini berangkat dari latar belakang Majelis ta’lim menerapkan program pemberdayaan anak yatim yang berbasiskan dana amal sosial. Program biaya pendidikan dan pembinaan ini meliputi tentang pendidikan agama serta pembekalan keterampilan, baik itu keterampilan berusaha maupun keterampilan membuat kerajinan tangan, beberapa keterampilan tersebut sesuai dengan minat dan bakat anak-anak yatim yang bekebutuhan khusus sebagai bekal hidup di masyarakat yang akan datang. Permasalahan penelitian adalah bagaimanakah realisasi dana amal sosial majlis taklim PT Bormindo dalam pemberdayaan anak yatim. Teori dalam penelitian ini adalah tentang realisasi dana majlis taklim dalam pemberdayaan anak yatim. metodelogi penelitian mencakup jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 orang informan kunci dan 4 orang informan pendukung. teknik pengambilan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jenis analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil temuan penelitian adalah Pertama, dana yang digunakan hanya sebatas bantuan pendidikan dan ekonomi belum mencapai aspek aspek lainya, hal ini dikarenakan belum tercapainya program yang di inginkan sesuai misi, Kedua, program keterampilan yang belum di karenakan penerima dana amal sosial masih sebatas kepada anak yatim kategori remaja, Ketiga, pemberdayaan sejatinya adalah kegiatan yang dilaksanakan secara kontinu membangun kesadaran dan juga menciptakan keahlian individu ataupun kelompok guna mengembangkan potensi yang ada melalui bantuan tersebut kepada yang bersifat produktivitas. Kata kunci: Majelis Taklim, Pencairan Anggaran, Realisasi Pendapatan, Pelaksanaan Program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:01
Last Modified: 10 Jan 2020 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item