KLASIFIKASI SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP TRANSGENDER BERDASARKAN KOMENTAR DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER

Ervizul Putra, 11351102005 (2020) KLASIFIKASI SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP TRANSGENDER BERDASARKAN KOMENTAR DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
bab 1,2,3,4 dan 6.pdf

Download (3MB)
[img] Text (bab 5)
bab 5 aja.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang penggunanya paling pesat dibandingkan dengan Facebook, Snapchat, dan Whatsapp. Instagram juga banyak digunakan oleh public figure. Salah satu public figure yang menjadi sorotan public pada saat ini yaitu publik figure transgender. Hal yang dilihat dari postingan public figure transgender adalah postingannya sebagai dukungan dari netizen dan komentar yang dapat dilihat apakah komentarnya positifi, negatif, atau netral. Aktivitas yang biasa dilakukan para netizen yaitu memberikan komentar pada postingan transgender untuk mengetahui komentar para netizen diperlukan klasifikasi dengan menggunakan machine learning. Pada penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes Classifer untuk klasifikasi komentar netizen. Penelitian ini menggunakan 2 metode pembobotan yaitu TFIDF dan Chi Square. Pembobotan TFIDF pada pegujian 90%:10% dengan threshold 3 mendapatkan akurasi 93,33% dan pembobotan Chi Square pada pengujian 70%:30% dengan threshold 15 mendapatkan akurasi 69,26%. Berdasarkan hasil tersebut maka metode Naive Bayes Classifier berhasil dalam mengklasifikakan komentar positif, negatif, dan netral di Instagram dengan akurasi tertinggi 93,33% dengan pembobotan TFIDF.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:19
Last Modified: 09 Jan 2020 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24600

Actions (login required)

View Item View Item