FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK PADA KOPERASI DI KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

HALIZA, 11473202301 (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK PADA KOPERASI DI KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI HALIZA.pdf

Download (2MB)

Abstract

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK PADA KOPERASI DI KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Oleh: HALIZA NIM. 11473202301 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan, jenjang pendidikan, pelatihan penyusunan laporan keuangan, lama masa tugas pekerjaan, dan persepsi kegunaan terhadap pemahaman penerapan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik pada koperasi di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi aktif yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Indragiri Hilir dengan menngunakan Teknik sampling jenuh. Dari hasil pengumpulan data diperoleh sebanyak 49 pengurus koperasi yang menempati posisi sebagai bendahara yang menjadi reponden penelitian yang mengisi kuesioner sebagai bahan pengujian data. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan, pelatihan penyusunan laporan keuangan, lama masa tugas pekerjaan, dan persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap pemahaman penerapan SAK ETAP, sedangkan jenjang Pendidikan tidak berpengaruh terhadap pemahaman penerapan SAK ETAP. Diperoleh nilai Adjust R square sebesar 73% yang berarti variabel pemahaman penerapan SAK ETAP dipengaruhi oleh variabel latar belakang Pendidikan, jenjang Pendidikan, pelatihan penyusunan laporan keuangan, lama masa tugas pekerjaan, dan persepsi kegunaan, sedangkan sisanya sebesar 27% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kata kunci : Pemahaman Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:44
Last Modified: 09 Jan 2020 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24590

Actions (login required)

View Item View Item