PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE MANAJEMEN RISIKO, CHIEF RISK OFFICER DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018

RISKI RISMAWATI, - (2019) PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE MANAJEMEN RISIKO, CHIEF RISK OFFICER DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RISKI RISMAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Komisaris Independen, Komite Manajemen Risiko, Chief Risk Officer Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Enterprise Risk Management (Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Oleh : Riski Rismawati Kemampuan pengelolaan risiko yang andal merupakan salah satu kompetensi inti yang harus dimliki manajemen untuk menciptakan nilai (value creation) bagi suatu perusahaan. Manajemen harus berupaya untuk mencari keseimbangan yang tepat antera pertumbuhan perusahaan dengan risiko-risiko yang akan dihadapi, hal ini menjadi tantangan bagi manajemen untuk mampu menerapkan manajemen risikoatau yang dikenal dengan Enterprise Risk Management (ERM) secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komisaris independen, keberadaan komite manajemen risiko, Chief Risk Officer dan leverage terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management (ERM) pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah populasi sebesar 13 perusahaan dan sampel sebesar 10 perusahaan. Penerapan ERM diukur berdasarkan indeks ERM dengan mempertimbangkan delapan dimensi COSO ERM framework. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dan menggunakan alat bantu program komputer EViews versi 10. Berdasarkan perhitungan secara persial yaitu dengan menggunakan uji t diketahui bahwa komisaris independen, tidak mempengaruhi pengungkapan ERM. sedangkan, komite manajmen risiko, chief risk officer dan leverage berpengaruh secara persial terhadap pengungkapan ERM. Untuk pengujian hipotesis secara simultan dengan menggunakan nilai F diketahui bahwa komisaris independen, komite manajmen risiko, chief risk officer dan leverage berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan ERM. Kemudian pada hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya adalah sebesar 74% dan sisanya sebesar 26% merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Komisaris Independen, Komite Manajemen Risiko, Chief Risk Officer, leverage dan Pengungkapan Enterprise Risk Management (ERM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:40
Last Modified: 09 Jan 2020 06:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24589

Actions (login required)

View Item View Item