Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penundaan Kehamilan dengan Memakai Alat Kontrasepsi pada Perkawinan Usia Dini dalam Tinjauan Hukum Islam

AMIN WIJAYANTO, 11421103773 (2020) Penundaan Kehamilan dengan Memakai Alat Kontrasepsi pada Perkawinan Usia Dini dalam Tinjauan Hukum Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penundaan Kehamilan dengan Memakai Alat Kontrasepsi pada Perkawinan Usia Dini dalam Tinjauan Hukum Islam”. Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah faktor terjadinya pernikahan dini, dan alasan penundaan kehamilan pada usia dini serta tinjauan hukum Islam terhadap penundaan kehamilan pada usia dini dengan memakai alat kontrasepsi yang terjadi di Kepenghuluan Bangko Mukti Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah para tokoh masyarakat dengan jumlah 4 orang, petugas kesehatan 4 orang dan yang berkaitan langsung dengan kasus 10 orang. Sedangkan yang menjadi sumber data pada penelitian ini ada dua, data primer yakni data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan para tokoh masyarakat dan petugas kesehatan di Kepenghuluan Bangko Mukti, dan masyarakat yang berkaitan langsung dengan kasus ini. Data skunder diambil dari hasil bacaan buku dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan masalah dalam skripsi ini. Semua data dikumpulkan dan di analisa dengan pendekatan deskriptif dan kualitatif, yaitu menggambarkan fakta yang ditemui dalam penelitian, sesuai dengan permasalahan yang dibahas dan memahami suatu fenomena dalam konteks sosial secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti. Kemudian mengemukakan kaidah dan pendapat yang bersifat umum kemudian disimpulkan secara khusus, kemudian disusun, dijelaskan dan di analisa untuk diambil kesimpulan. Hasil yang di capai dari penelitian ini adalah: Faktor utama yang menyebabkan penundaan kehamilan bagi pasangan suami istri usia dini di Kepenghuluan Bangko Mukti, yaitu Faktor keinginan untuk tetap bersekolah dan faktor risiko yang berbahaya terhadap ibu dan anak jika hamil di usia dini dibanding menunda kehamilan di usia dini. Di zaman kita sekarang ini sudah ada alat-alat kontrasepsi yang dapat dipastikan kemaslahatannya sebagaimana yang diinginkan oleh Rasulullah SAW, yaitu melindungi anak yang masih menyusu dari bahaya termasuk mafsadah/dampak negatif yang lain dengan tidak menggauli istri selama menyusui, tetapi hal ini sangat memberatkan suami. Atas dasar ini, untuk mewujudkan keluarga berkualitas, maka hukum menunda kehamilan pada perkawinan usia dini adalah mubah/diperbolehkan. Imam Ahmad dan lainnya menetapkan bahwa yang demikian itu diperbolehkan apabila istri mengizinkan. Karena dialah yang lebih berhak terhadap anak dan dia pula yang lebih berhak untuk bersenang-senang. Dan seperti yang diriwayatkan dari Umar ra, bahwa dia melarang 'azl kecuali dengan izin istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:03
Last Modified: 09 Jan 2020 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24588

Actions (login required)

View Item View Item