Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kandungan Aggressive Behavior Dalam Film Animasi Anak-Anak(Analisis Isi Pada Film Animasi Anak-Anak di Stasiun Televisi Nasional)

ANDRIANI, - (2019) Kandungan Aggressive Behavior Dalam Film Animasi Anak-Anak(Analisis Isi Pada Film Animasi Anak-Anak di Stasiun Televisi Nasional). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Anak-anak dapat terpapar agresi baik secara langsung dan juga dapat terpapar agresi dari media massa. Salah satu media massa adalah televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi perilaku agresif pada film animasi anak-anak yang ditayangkan di stasiun televisi nasional, untuk mengetahui bentuk perilaku agresif yang paling banyak ditemukan pada film animasi anak-anak di stasiun televisi nasional, dan untuk mengetahui film animasi anak-anak yang paling banyak mengandung perilaku agresif yang ditayangkan di stasiun televisi nasional. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Sampel diambil dengan metode purpossive sampling. Film animasi anak-anak yang dianalisis adalah film dengan jadwal tayang setiap hari di stasiun tv GTV, RTV, ANTV, dan MNCTV pada periode tanggal 01 sampai 07 Oktober 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 375 adegan yang tergolong kepada perilaku agresif berdasarkan teori Baron dan Byrne. Aspek perilaku agresif yang paling banyak ditemukan pada film animasi anak-anak yang ditayangkan di stasiun televisi nasional adalah agresi langsung aktif verbal dengan frekuensi 146 adegan (38.93%). Adapun indikator perilaku agresi langsung aktif verbal yang mendominasi adalah perilaku membentak dengan frekuensi 105 adegan. Selanjutnya, adapun adegan perilaku agresif paling banyak ditemukan pada film animasi Spongebob Squarepants yang ditayangkan di stasiun televisi GTV dengan frekuensi 130 adegan (34.6%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa film animasi anak-anak dewasa ini masih mengandung adegan-adegan agresif. Kata Kunci: kandungan aggressive behavior, film animasi anak-anak, televisi nasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:02
Last Modified: 10 Jan 2020 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24572

Actions (login required)

View Item View Item