Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FRAKSI SERAT DAUN KELAPA SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN LEVEL FESES SAPI DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

ENGGI OKTELA, 11381102281 (2020) FRAKSI SERAT DAUN KELAPA SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN LEVEL FESES SAPI DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
GABUNG ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu alternatif penyediaan pakan ternak ruminansia adalah dengan memanfaatkan limbah perkebunan yaitu limbah daun kelapa sawit dengan penambahan feses sapi dalam bentuk silase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan Fraksi Serat silase daun kelapa sawit. Penelitian menggunakan pola rancangan acak lengkap (RAL) faktorial 2 faktor (level feses dan lama fermentasi) dan 2 ulangan. Tempat pelaksanaan berlokasi di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Analisis fraksi serat di Laboratorium Non Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Parameter yang diamati meliputi NDF, ADF, ADL, hemiselulosa, dan selulosa. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tidak terdapat interaksi antara level feses sapi dan lama penyimpanan pada ADF, NDF, hemiselulosa, selulosa tetapi terdapat interaksi pada ADL. Level feses sampai 15% tidak dapat meningkatkan hemiselulosa, selulosa, dan tidak dapat menurunkan ADF, NDF, ADL. Lama waktu fermentasi berpengaruh nyata pada ADF, NDF dan tidak berbeda nyata pada hemiselulosa, selulosa, dan ADL. Kesimpulan dari penelitian adalah perbedaan lama fermentasi silase daun pelepah kelapa sawit belum mampu menaikkan kandungan hemiselulosa dan selulosa. level feses sapi sampai 15% belum mampu menurunkan kandungan ADF, NDF dan ADL. Terjadi interaksi antara penambahan level feses sapi dengan lama fermentasi yang berbeda dalam kadar kandungan ADL silase daun kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:27
Last Modified: 10 Jan 2020 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24550

Actions (login required)

View Item View Item