MANFAAT SUJUD DALAM PERSPEKTIF TAFSIR ILMI DAN KORELASINYA DENGAN KESEHATAN

ISTIVA AHYANI, 11532201636 (2020) MANFAAT SUJUD DALAM PERSPEKTIF TAFSIR ILMI DAN KORELASINYA DENGAN KESEHATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sujud mempunyai keistimewaan dan keajaiban, sujud sebagai rukun dalam salat yang dilakukan oleh setiap umat muslim sebagai kewajiban yang harus dikerjakan dalam setiap waktu salat. Didalam Q.S asy-syuaʻrā’: 219 (Wa taqallubaka fissājidīn), serta penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan tentang keistimewaan sujud tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan mengajukan sebuah pembahasan yang berjudul “Manfaat Sujud dalam perspektif tafsir ilmi dan korelasinya dengan kesehatan”. Para mufasir dan kamus besar bahasa indonesia telah menyepakati bahwa sujud adalah menyembahan kepada Allah sebagai penghormatan. Adapun keistimwaan dari sujud dilihat dari segi rohani dan jasmani yaitu, dari segi rohani Rasulullah bersabda: ‘Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak salat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah, melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.’ Lalu Ma’dan berkata, aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaiman yang dijawab oleh Tsaubah kepadaku.” (HR. Muslim no. 488). Sedangkan dari segi jasmani Seorang ahli syaraf dari Amerika Fidelma O’ Leary Menyatakan lewat hasil penelitiannya, bahwa ada sel-sel syaraf tertentu di otak manusia yang hanya sesekali saja dialiri darah, dan hanya dapat menyebar ke seluruh sel syaraf yang ada di otak manusia ketika manusia itu dalam kondisi sujud. penelitian ini bersifat (library research). Sementara metodologi yang digunakan adalah studi tematik. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka. Penelitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat-ayat yang berhubungan dengan sujud menurut tafsir dan dikorelasikan dengan kesehatan, dengan merujuk kepada al-Qur’an sebagai data primer dan literatur yang berkaitan dengan pembahasan.adapun hasil penelitiannya adalah menurut para mufasir manfaat sujud adalah mendirikan shalat, Al-Qodhi berkata: digunakan kata ruku’ dan sujud sebagai sebutan untuk shalat karena posisi gerakan shalat lainnya sama dengan gerakan biasa, yaitu berdiri dan duduk, ada keutamaan orang yang shalat dengan yang tidak shalat, dan mungkin bisa dikatakan: posisi berdiri adalah urutan pertama untuk merendah diri kepada Allah Ta’ala, dan urutan pertengahan adalah ruku’ dan puncaknya adalah sujud, Disebutkan ruku’ dan sujud secara khusus karena keduanya menunjukkan puncak kerendahan diri dan penghambaan, ini selaras dengan maksud didirikannya shalat yaitu merendahkan diri di hadapan Allah dan mengagungkan-Nya. Sedangkan di dalam kesehatan dari sujud tersebut tedapat bebagai manfaat juga seperti menyembuhkan penyakit stroke karena Pada saat sujud posisi jantung berada di atas otak. Posisi demikian sangat memungkinkan darah yang dipompakan jantung akan mengalir lebih deras melewati pembuluh darah menuju ke otak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:58
Last Modified: 09 Jan 2020 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item View Item