Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN HAK CIPTA LAGU SEBAGAI USAHA IKLAN PADA RADIO GRESS FM DI PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

GHEA GAZIRA, 11527200249 (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN HAK CIPTA LAGU SEBAGAI USAHA IKLAN PADA RADIO GRESS FM DI PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Ghea Gazira (2019) : “Perlindungan Hukum Terhadap Penggunaan Hak Cipta Lagu Sebagai Usaha Iklan Pada Radio Gress Fm Di Pekanbaru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta” Lagu merupakan salah satu karya cipta yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Namun pada kenyataannya masih banyak pihak yang menggunakan lagu tanpa seizin pencipta, khususnya terhadap pelanggaran yang terjadi oleh Radio Gress Fm dimana pihak ini radio telah menggunakan lagu hasil ciptaan orang lain serta menggunakannya tanpa seizing pencipta untuk digunakan dalam kepentingan komersial. Hal tersebut tentu saja merugikan pencipta dan pemegang hak cipta sebagai pemilik ciptaan tersebut dengan dilanggarnya hak eksklusif pencipta. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh tentang bagaimana perlindungan hukum terhadap hak cipta lagu sebagai usaha iklan pada Radio Gress Fm di Pekanbaru berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Apa kendala dalam perlindungan hukum terhadap penggunaan hak cipta lagu sebagai usaha iklan yang digunakan oleh radio gress fm di Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis, dimana penelitian dilakukan terhadap keadaan yang nyata pada radio gress fm di Jalan Punai, Kecamatan Sukajadi. Dengan maksud dan tujuan untuk menumukan fakta, kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah, kemudian menuju kepada identifikasi masalah dan pada akhirnya menuju kepada cara penyelesaian masalah. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 orang pimpinan dan karyawan Radio Gress Fm Pekanbaru, 1 orang Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Riau, 1 Orang Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM, dan 10 Orang Pendengar Radio Gress Fm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan lagu hasil ciptaan orang lain tanpa seizin pencipta dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta, karena hal ini bertentangan dengan hak eksklusif pencipta yang terdiri dari hak moral dan hak ekonomi. Dan bentuk perlindungan hukum yang diberikan berupa upaya preventif atau pencegahan dan upaya represif ataupun memberikan sanksi kepada pihak radio. Adapun kendala dalam perlindungan hukum terhadap hak cipta lagu dalam usaha iklan menurut pihak radio yaitu rumitnya menghubungi pencipta lagu dan pengurusan izin yang sulit. Selanjutnya kendala menurut komisi penyiaran indonesia daerah yaitu tidak adanya laporan dari pemegang hak cipta/pencipta lagu dan tidak adanya lembaga manajemen kolektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:40
Last Modified: 09 Jan 2020 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item