Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

JAMINAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PENYEDIAAN KELENGKAPAN KEAMANAN KERJA BAGI PEKERJA PADA PABRIK SAGU DESA SONDE KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

MUHAMMAD SUHANI, - (2019) JAMINAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PENYEDIAAN KELENGKAPAN KEAMANAN KERJA BAGI PEKERJA PADA PABRIK SAGU DESA SONDE KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Suhani, (2019): Skripsi ini berjudul “Jaminan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Penyediaan Kelengkapan Keamanan Kerja Bagi Pekerja Pada Pabrik Sagu Desa Sonde Kabupaten Kepulauan Meranti Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan”. Masalah dalam penelitian ini adalah tentang jaminan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap penyediaan kelengkapan keamanan kerja bagi pekerja pada pabrik sagu desa sonde kabupaten kepulauan meranti, bahwasanya dalam penyediaan kelengkapan keamanan kerja berupa alat pelindung diri para pekerja tidak mendapatkan penyediaan keamanan kerja berupa alat pelindung diri tersebut. Adapun pekerja yang menggunakan alat pelindung diri itu adalah milik mereka sendiri dan itupun tidak digunakan secara lengkap. Adanya upaya pekerja untuk meminta disediakan alat pelindung diri telah dilakukan, akan tetapi pihak pabrik yang belum bisa memnuhi dikarenakan adanya faktor-faktor lain yang harus di penuhi oleh pihak pabrik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana jaminan keselamatan dan kesehatan kerja dalam penyediaan kelengkapan peralatan keamanan kerja pada pekerja Pabrik Sagu Desa Sonde Kabupaten Kepuluan Meranti berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan apa saja faktor-faktor yang menghambat bagi Pabrik Sagu Desa Sonde dalam memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap penyediaan kelengkapan keamanan kerja bagi pekerja berdsarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis yaitu dengan cara melakukan survei langsung kelapangan melalui observasi, wawancara, angket dan juga menggunakan studi kepustakaan, teknik pengambilan sampel dengan teknik Total Sampling yaitu bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian ini adalah Pabrik Sagu Desa Sonde pada dasarnya menginginkan adanya kenyamanan dan rasa aman pekerja saat melakukan proses kerja di pabrik Sagu tersebut, akan tetapi memang dengan adanya beberapa faktor yang mengakibatkan tidak bisa tercapainya keinginan itu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tidak semua pekerja yang berada pada Pabrik Sagu yang mendapatkan Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan tidak adanya penyediaan peralatan kemanan kerja berupa alat pelindung diri, meskipun dari pekerja ada yang sudah berupaya untuk meminta disediakan. Kurangnya pengetahuan terhadap peraturan tentang Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sangat berpengaruh terhadap diberikanya jaminan keselamatan dan kesehatan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:39
Last Modified: 09 Jan 2020 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24542

Actions (login required)

View Item View Item