PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN SUGESTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Sukmawati, (2016) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN SUGESTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tugas dan sugesti terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan ilmu pengetahuan sosial, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemberian tugas dan sugesti terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa XI Jurusan IPS yang berjumlah 108 siswa, karena banyak jumlah populasinya maka penulis mengambil sampel dengan proportional random sampling menggunakan rumus Slovin maka diperoleh jumlah 85 siswa. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, yaitu variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus regresi ganda dengan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara parsial , pemberian tugas berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sebesar 30.47%, pemberian sugesti berpengaruh positif terhadap hasil belajar sebesar 6.92 %. Sedangkan secara simultan pengaruh pemberian tugas dan sugesti terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 3 Tapung Kecamatan tapung Kabupaten Kampar sebesar 0.473 x 100 % = 47.3% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana r0/R Square) 0.473, dengan dk=82, lebih besar dari rt (tabel ) pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % yaitu 0.217<0.473>0.283, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Feb 2016 03:20
Last Modified: 11 Feb 2016 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item