Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN KECAMATAN KAMPA

DESY SUSANTI, - (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN KECAMATAN KAMPA. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FUULL.pdf

Download (8MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Desy Susanti, (2019) : Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kecamatan Kampa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa dengan kontekstual. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai Nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI Nurul Iman. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual, minat dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, Setiap tindakan terdiri dari lima tahap, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes tertulis. Aktivitas guru dan minat menulis siswa dengan menggunakan rumus dan angket belajar siswa dengan menggunakan rumus P = a/b x 100 . Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa, sebelum tindakan minat menulis siswa hanya mencapai 56,6% dan sebelum tindakan keterampilan menulis siswa hanya mencapai 64,72%. Kemudian setelah menerapkan pembelajaran kontekstual pada siklus 1 minat menulis siswa mencapai 61%. Pada siklus II minat menulis siswa meningkat menjadi 71% dan pada siklus III minat menulis siswa meningkat menjadi 81,8%. Dan pada siklus I keterampilan menulis siswa hanya mencapai 67,72%. Pada siklus II keterampilan menulis siswa meningkat menjadi 69,90% dan pada siklus III keterampilan menulis siswa meningkat menjadi 75,41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kontekstual dapat Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kecamatan Kampa. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Minat Menulis Siswa, Keterampilan Menulis Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:05
Last Modified: 08 Jan 2020 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item