Praktek Jual Beli Salam Pada Usaha Batu Bata Di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Berdagai Provinsi Sumatera Utara Menurut Fiqih Muamalah

MUTIA SISKA WARDANI, - (2020) Praktek Jual Beli Salam Pada Usaha Batu Bata Di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Berdagai Provinsi Sumatera Utara Menurut Fiqih Muamalah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Praktek Jual Beli Salam Pada Usaha Batu Bata Di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Berdagai Provinsi Sumatera Utara Menurut Fiqih Muamalah Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti mengenai penerapan ba’i salam pada usaha pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto di desa Tebing tinggi Sumatera utara. Adapun penelitian ini hasil dari pengamatan penulis sebagai responden dan obserasi penulis terhadap responden, baik pembeli maupun penjual yang mana, adanya kejanggalan terhadap jual beli tersebut, sehingga adanya keinginan penulis untuk menegetahui lebih dalam tentang penerapan ba’i salam pada usaha pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan ba’i salam pada usaha pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto dan bagaimana pandangan fiqih muamalah terhadap penerapan ba’i salam dalam pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui konsep fiqih muamalah ba’i salam dalam pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto. faktor apa saja yang menghambat dalam jual beli salam pada pembuatan batu bata di kilang batu bata Yanto. Penelitian ini yang bersifat penelitian lapangan, subjek dalam penelitian ini adalah antara konsumen dan produsen sedangkan objeknya adalah penerapan ba’i salam dalam pemesanan batu bata yang di pesan di kilang batu bata yanto. Populasi dari penelitian ini ialah 2 orang produsen pembuatan batu bata dan 20 orang konsumen (pembeli). Karena populasi dalam penelitian relatif lebih sedikit, maka seluruh populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Sumber data dari penelitian ini berbentuk data primer dan skunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, bahwa dalam penerapan ba’i salam pada usaha pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto terdapat beberapa temuan diantaranya adanya ketidaksesuaian barang yang diterima oleh pihak konsumen dengan pesanan awal, serta terjadinya keterlambatan dalam penyelesaian barang dari pihak produsen. Pandangan fiqih muamalah penerapan ba’i salam dalam pembuatan batu bata di kilang batu bata yanto Tebing tinggi Sumatera utara sudah sesuai dengan rukun dan syarat ketentuan ba’i salam tetapi dalam pelaksanaanya masih ada yang perlu disempurnakan, seperti adanya ketidaksesuaian barang pesanan yang disepakati diawal akad antara produsen dan konsumen, serta terjadinya keterlambatan penyelesaian pesanan barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:28
Last Modified: 08 Jan 2020 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24489

Actions (login required)

View Item View Item