PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Sasriani, (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 213 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar sebagai variabel terikat dan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Quetion sebagai variabel bebas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar. Hal ini terlihat dari hasil uji tes-t didapat sebesar 2,83 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,02 dengan taraf signifikan sebesar 5% yang bertarti bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 Feb 2016 07:39
Last Modified: 10 Feb 2016 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item